Jumat, 12 November 2010

Academic works supporting by blogspot.. :-)


Ehm.. sudah lama pekerjaan-pekerjaan akademik saya terdukung oleh berbagai fasilitas yang disediakan oleh berbagai penyedia layanan (tq so much.. Bang Google, Jeng Yahoo, Facebook,Youtube, dll.. yg selama ini dah setia menemani dan membantu di berbagai aktivitas, termasuk aktivitas akademik..:-)). Hal ini menjadi kebutuhan sejak saya sejak lama, karena setiap minggunya hampir selalu sekitar 3 harian, kami, rekan-rekan di Lab. Pemuliaan Tanaman dan Bioteknologi juga melaksanakan kegiatan2 Tri Dharma PT selain pengajaran,  untuk menyelaraskan dan meningkatkan kualitas pembelajaran yg kami lakukan, yang muaranya, semoga meningkatkan kompetensi lulusan. Penelitian-penelitian, pengabdian kepada masyarakat meningkat seiring bertambahnya kebutuhan masyarakat yang masuk. Tidak semua kami terima tentunya, ada prioritas yg kami pegang, ketiga dharma mesti berjalan seimbang, tidak boleh ada yang tertinggal, tidak boleh ada yg terabaikan.. (yg ternyata ngak mudah mengupayakan dan mempertahankannya.. hiks).
Meski setiap mau berangkat (sering jam 5an pagi dah apel di kampus..) dan pulangnya (saya selalu berusaha mampir lab, sekedar untuk nengok loker, memasukkan draf2 koreksian-atau instruksi kerja untuk staf di lab ataupun bimbingan penelitian, pkl dll..), memastikan ada tidaknya perkembangan terbaru dan meyakinkan apakah .. "all is well..?" :-), dan membuka penuh peluang adik2 mahasiswa berkomunikasi via mobile phone, sekedar untuk janjian ketemu atau bahkan untuk konsultasi, tetap saja ada perasaan bersalah itu ada (meskipun mestinya mungkin tidak perlu ya, toh yg saya lakukan sama2 kewajiban profesi yang perlu saya penuhi, dan bermuara ke pemenuhan hak mereka juga.. ). Bersyukur, dengan adanya fasilitas dari sahabat-sahabat di dunia maya tadi (si abang, jeng dll di atas..) banyak pekerjaan, terutama aktivitas akademik yang menjadi lebih ringan saya kerjakan. Kadang kita memang mesti lebih berani mencoba metode-metode di luar metode konvensional (menyitir hasil diskusi saya dengan Prof. Totok Agung menyikapi proses pembimbingan), termasuk untuk mengatasi kendala dalam proses pembelajaran..
Aktivitas-aktivitas yang terdukung, dari mulai pencarian tambahan bahan kuliah (dalam bentuk apapun, mulai format pdf., word doc, ppt., sampai audio, animasi, dan video..), pengiriman-penerimaan dokumen (terutama dokumen koreksian dan revisian usul penelitian, skripsi, laporan magang kerja, usulan2 KTI, usulan2 PKM, usulan2 PMW), sampai ujian skripsi dengan fasilitas chatting dari salah satu penyedia layanan (yang ini bener2 terpaksa, karena sempat beberapa hari saya dikarantina, kena cacar air, hehe. selanjutnya tetap saja saya lakukan kopi darat yg pastinya lebih mantaf..) Seleksi wawancara asisten praktikum pun bisa dilaksanakan online.. :-)
Memanfaatkan fasilitas 'tagging' di Facebook, saya juga terbantu untuk mengkondisikan ujian2 yang akan dilaksanakan kepada para bimbingan. Memotivasi mereka, memantau perkembangan pekerjaan mereka, konfirmasi waktu, dll. Ini menyiasati hobby sebagian besar mahasiswa jaman sekarang yang suka berganti2 nomor hp, tapi begitu eksis di fb, hehe.. Bimbingan2 penelitian juga bisa nge-tag foto2 terkait kondisi penelitian (tanaman, lahan, kegiatan2) yang ada di mana pun, dan dilanjut diskusi kalau ada kendala maupun perlu arahan2 proses selanjutnya.. Alhamdulillah.. dengan berbagai layanan teknologi informasi saat ini, nggak ada yang perlu terhambat karena perbedaan tempat dalam satu waktu. Bimbingan, mahasiswa tetap mendapat haknya untuk mendapat ilmu dan pembelajaran, dan pembimbingan.. petani, pemda, penyuluh, balai penelitian, perusahaan2, juga mendapat hak mereka untuk dapat transfer teknologi, riset bareng, dan banyak hal. Untuk kami.. tentu, jadi dapet semuanya :-) Pemenuhan semua kewajiban jadi lancar, tak terkendala dan tak berutang, tetep bisa ketemu banyak pihak - jejaring bertambah luas, ilmu pun bertambah luas, penelitian menjadi semakin terarah sesuai kebutuhan masyarakat, dan insya Allah.. 'rizqi dan barakah-Nya' juga bertambah.. :-)
Ternyata ada satu hal yang belum kesampaian, saya sudah lam ingin membuat blog tersendiri yg bisa mem-back up proses pembelajaran, khususnya bwt adik2 mahasiswa yang kuliahnya saya ampu.. belum adanya fasilitas upload document (kecuali pada googe docs), mendorong saya untuk menyempatkan membuat blog tersendiri. Semoga selain yang sudah saya upayakan, adanya blog ini bisa semakin mendukung proses pembelajaran yang kita usahakan.. so welcome, academic works supporting by blogspot.. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar